SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA KPJ
Keluarga Pelajar Jakarta & sekitarnya yang disingkat menjadi KPJ berdiri pada sekitar tahun 1960-an, pada mulanya hanya dipelopori oleh beberapa pelajar senior yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya. Sayangnya kekeluargaan ini hanya berjalan beberapa tahun saja dan kemudian menjalani kevakuman kurang lebih dua tahun. Hal ini disebabkan oleh menyusutnya pelajar Jakarta yang belajar ke Mesir. Ditahun 1969 arus pelajar Jakarta (Betawi) yang datang ke Mesir semakin meningkat sehingga pada tahun 1973 para pelajar junior memohon kepada senior untuk mengaktifkan dan meremajakan kembali kekeluargaan ini.
Pada waktu itu berdirinya Keluarga Pelajar Jakarta dan sekitarnya masih dalam bentuk ejaan lama yang disingkat KPD, setelah itu disesuaikan dengan ejaan baru yang disingkat dengan KPJ. Para pelopor yang mengaktifkan dan meremajakan kekeluargaan ini diantarannya DR. Musa Fathullah Harun (Jak-Sel), Bapak Bakhtiar (Tambun) dan Bapak Marzuki Arman (Jak-sel)

LAMBANG KPJ
1.       Lambang KPJ terdiri dari :
a.       Tugu monas
b.       Sebuah buku terbuka
c.       Bintang segi delapan
2.       Warna terdiri dari :
a.       Monas : kuning emas dengan puncak tugu berwarna merah
b.       Buku : putih bergaris hitam
c.       Bintang segi delapan : hijau dengan garis hitam
3.       Arti Lambang :
d.       Monas : kuning emas dengan puncak tugu berwarna merah
e.       Buku : putih bergaris hitam
f.       Bintang segi delapan : hijau dengan garis hitam



TUJUAN EKSISTENSI KPJ
(VISI & MISI)
Setiap organisasi idealnya memiliki landasan berpijak dan tujuan yang akan dicapai dalam merealisasikan program-programnya. Maka untuk memudahkan proses kearah tersebut, KPJ membagi tujuan itu kepada dua bagian :

1. Tujuan Khusus
     Tujuan khusus ini berkaitan erat dengan para pelajar KPJ dan Sekitarnya yang sedang menuntut ilmu di Mesir. Diantara tujuan tersebut:
a. Menjalin Silaturami antar warga KPJ
b. Mempererat ukhuwah islamiyah
c. Membantu anggota dalam usaha kelancaran study, seperti memberikan bimbingan study.

2. Tujuan Umum
    Disamping tujuan khusu diatas, adapula tujuan umum yang berkaitan dengan membina umat islam dari segi spiritual dan intelektual. Diantara tujuan tersebut:
a. Meningkatkan volume dakwah islamiyah di Jakarta khususnya, dengan jalan dibentuknya Ikatan Alumni Timur Tengah di Tanah Air sehingga jalur komunikasi antara lulusan Timur Tengah akan lancar dan saling membantu dalam mengatasi problematika berdakwah.

b. Menyiapkan wadah untuk menampung alumni Timur Tengah yang berasal dari KPJ di Tanah Air dengan mendirikan saran pendidikan (sebuah wadah pendididakn sudah terealisasi di daerah Ciganjur).


left-sidebar

0 Komentar